KPK#1 Know Your Potential: Bincang Seru Bidang-Bidang Kimia

 


Sabtu, 11 Maret 2023 telah terlaksana salah satu proker Departemen Keilmuan dan Riset, yaitu KPK#1 dengan tema "Know Your Potential: Bincang Seru Bidang-Bidang Kimia".


Kegiatan KPK#1 diisi oleh salah seorang dosen aktif prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga. Beliau adalah Dr. Maya Rahmayanti, M.Si. yang lebih sering disapa dengan panggilan Ibu Maya. Kegiatan ini juga dipandu oleh Mirna Wati Maswain yang mana merupakan salah satu mahasiswa aktif semester 4 prodi Kimia. Dengan tema yang telah ditentukan, bahasan yang dibawakan oleh Ibu Maya yaitu "Chemical Research: Love and Feel The Magic".


Berikut merupakan ringkasan yang telah disampaikan oleh moderator tentang apa-apa yang dibicarakan, "untuk mendapatkan gambaran bidang kimia, seorang kimiawan terlebih dahulu harus cinta pada kimia, pemanfaatan kimia dalam kehidupan sangatlah banyak seiring dengan perubahan yang terjadi karena sebuah masalah, untuk menyelesaikan suatu masalah haruslah memiliki ilmu pengetahuan. Bidang-bidang kimia dibagi menjadi kimia fisik, organik, biokimia, analitik, dan anorganik. Untuk bidang lebih mendalam dan mengerucut terdapat kimia lingkungan, kewirausahaan, pangan, dan material."


Selain pemaparan materi oleh Ibu Maya, kegiatan KPK#1 juga diisi dengan Sosialisasi Study Club. Pada sosialisasi ini dihadiri oleh para perwakilan dari setiap Study Club (SC) yang ada di dalam prodi Kimia, yaitu SC Material, SC Lingkungan, SC Pangan, dan SC Kewirausahaan. Pada part ini, para perwakilan akan menyampaikan visi misi serta program kerja apa saja yang akan dilakukan dalam satu periode kepengurusannya.


Berikut link materi:

"Chemical Research: Love and Feel The Magic"

Komentar

Postingan Populer