PKDMB Kimia 2023

 


PKDMB KIMIA 2023

Pengenalan Kompetensi Dasar Mahasiswa Baru (PKDMB) merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahun yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru prodi kimia. Adanya kegiatan PKDMB diharapkan mahasiswa baru dapat berinteraksi dan lebih mengenal dengan sesama mahasiswa bahkan dosen, selain itu juga dapat memahami mengenai kehidupan dalam kampus khususnya prodi kimia. Acara ini berlangsung dari tanggal 03 September - 01 Oktober, jenis acara yang diadakan adalah Ethicology, Soshim dan Antropologi Kampus, KPK, SEIKA, POK dan diakhir acara nanti akan diadakan Chemistry Camp.

Rangkaian acara PKDMB yang pertama sekaligus pembukaan adalah Ethicology. Kegiatan Ethic Discuss merupakan salah satu kegiatan rangkaian acara PKDMB (Pengenalan Kompetensi Mahasiswa Baru) Kimia yang berkolaborasi dengan Departemen Pengkaderan dan Kepengurusan guna memberikan serangkaian informasi bagaimana beretika dalam lingkungan kampus. Narasumber kegiatan ini adalah Kak Maria Shofiyana yang merupakan Ketua HM-PS Kimia UIN Sunan Kalijaga. Acara ini berlangsung pada hari Minggu, 03 September 2023 dengan tema “Mengembangkan Etika Kemahasiswaan Dalam Menghadapi Problematika Kehidupan Kampus”. Acara dimulai pukul 08.10 WIB dengan penampilan dari Chemistry Music dan dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al - quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne UIN Sunan Kalijaga, Kemudian sambutan - sambutan oleh ketua panitia yaitu Kak Sheila serta sambutan dari ketua HMPS Kimia Kak Maria. Melangkah ke acara selanjutnya yaitu Sesi Materi oleh Kak Maria dengan dimoderatori oleh Kak Rini, materi dijelaskan adalah tentang Etika seorang mahasiwa dalam menghadapi problematika kehidupan di kampus. Setelah sesi materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab penyerahan sertifikat kepada moderator dan narasumber kemudian dilanjutkan dengan games dan sesi dokumentasi serta penutupan dengan penampilan Chemistry Music.

Minggu kedua adalah Sosialisai Himpunan (Soshim) dan Antropologi Kampus, Antropologi kampus merupakan kegiatan yang diadakan oleh HM-PS Kimia UIN Sunan Kalijaga yang ditujukan kepada mahasiswa baru kimia yang berisi tentang penjelasan bagaimana kehidupan dalam lingkungan kampus terkhusus bagian organisasi dan birokrasi. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 September 2023 di Ruang 303 A dan B FST dan di mulai pukul 09.00 WIB. Narasumber pada kegiatan antropologi kampus adalah Kak Huri yang menjelaskan tentang mengembangkan potensi diri dalam kebersamaan Berorganisasi, setelah sesi materi di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ice breaking. Kemudian acara selanjutnya adalah materi sosialisasi dan pengenalan setiap departemen HM-PS Kimia, setelah selesai perkenalan dilanjutkan dengan FDG, games, dan penutupan acara.

Minggu ketiga acara PKDMB adalah Kelas Penelitian Kimi (KPK) yang bertujuan untuk memberikan pengenalan mengenai karya dan cara menulis esai kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa baru, mengetahui struktur dan karakteristik esai yang baik dan benar, dan mengetahui tips and trik menulis esai yang menarik dan berpeluang untuk dilombakan. Tema KPK kali ini adalah Chemistry Creations: Inovation of Ideas in Scientific Writing. Chemistry Creations: Inovation of Ideas in Scientific Writing. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 16 September 2023 di ruang kelas 303 A dan B Fakultas Sains dan Teknologi. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembukaan oleh MC, kemudian sambutan oleh ketua HMPS Kimia dan Kepala Prodi Kimia, selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh Kak Ahsani, setelah penyampaian materi berakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat dan di akhir acara yiatu sesi dokumentasi atau foto bersama.

Minggu ke empat adalah Seika, Seika merupakan kegiatan berbentuk program kerja dari himpunan mahasiswa program studi kimia (HM-PS Kimia) yang berkolaborasi dengan IKAHIMKI (ikatan himpunan mahasiswa kimia Indonesia). Acara dilaksanakan pada hari Minggu, 24 September 2023 bertempat di Teatrical FST, acara ini di mulai pukul 08.30, acara ini di awali denga pembacaan ayat suci Al – Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UIN Sunan Kalijaga dan Mars IKAHIMKI. Acara selanjutnya adalah sambutan – sambutan, sambutan yang pertama oleh Ketua Panitia PKDBM dilanjutkan dengan ketua HM-PS Kimia, Korwil 3, dan Kaprodi. Kemudian memasuki acara inti yaitu perkenalan tiap Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK), pemaparan materi, FGD dan penutupan.

Minggu terakhir rangkaian acara PKDMB adalah Pekan Olahraga Kimia (POK) yang merupakan salah satu kegiatan rutinan yang diselenggarakan dalam kegiatan PKDMB dalam menyambut mahasiswa baru. Pekan Olahraga Kimia merupakan kegiatan jasmani yang diselenggarakan oleh departemen minat dan bakat dalam menguatkan tali silaturahmi antar sesama keluarga kimia dan membentuk karakteristik yang sehat pikiran dan raga. POK dilaksanakan pada hari Minggu, 01 Oktober 2023 dengan cabang olahraga badminton bertempat di Real Badminton pukul 13.00 WIB. Pembukaan acara di buka dengan sambutan Ketua HMPS Kimia kemudian Screening dan Pengenalan Funclub oleh Departemen Mikat lalu pemanasan dan seluruh mahasiswa baru secara bergiliran berolahraga badminton. Kemudian setelah selesai acara yaitu sesi penutupan dan dokumentasi kegiatan POK

 

Komentar

Postingan Populer